Buah Kesabaran

Rusa tampak tengah berdiam di pinggir sungai.  la sedang berpikir bagaimana Cara untuk sampai ke seberang sungai.  Menurut kabar  di seberang sungai terdapat banyak sekali makanan. Sedangkan di hutan tempat Rusa tinggal, makanan telah habis.

Rusa sangat ingin menyeberang.Tapi, tubuhnya kecil. Jika ia tetap menyeberang dengan berenang, bisa-bisa dirinya malah tenggelam.

Tiba-tiba dari arah belakang, muncul Kerbau yang berlari sangat kencang.Tapi, ia Iangsung berhenti begitu melihat Rusa yang sedang termangu.

“Hei, Rusa.Apa yang kamu tunggu? Di seberang sana ada banyak makanan.Aku sudah sangat Iapar” ucap Kerbau, merasa tak sabar.

“Aku masih bingung, bagaimana cara sampai ke seberang sana," jawab Rusa.

“Hahaha. Buat apa bingung? Tinggal menyeberang saja,” ucap Kerbau, menggampangkan.

Belum sempat Rusa membalas perkataan Kerbau, Kerbau sudah bergegas masuk ke dalam sungai. Rupanya Kerbau sudah sangat kelaparan. Ia pun berpikir tubuhnya yang besar tidak akan membuatnya tenggelam. Namun, apa yang terjadi?

Hap! Tiba-tiba Buaya muncul, dan Iangsung menerkam Kerbau. Kerbau pun tak bisa menghindar. Sebenarnya Buaya mengincar Rusa, tapi Rusa tak kunjung menyeberang. Beruntung, ada Kerbau yang tidak sabar dan terburu-buru menyeberang.

Rusa pun berlari ketakutan. Ia mencari aliran sungai yang Iain. Sesampainya di pinggir sungai Iain, ia berpikir Iagi. Lalu dari arah belakang, muncul Kelinci yang berlari sangat kencang.

“Hai, Rusa. Mengapa kamu termenung?” tanya Kelinci.

“Aku masih belum menemukan cara menyeberang sungai,” jawab Rusa. 

“Tinggal berenang saja ke seberang,” saran Kelinci, kemudian menceburkan dirinya ke dalam sungai. 

Apa yang terjadi? Olala, tubuh Kelinci terbawa arus sungai. Ia pun hilang entah ke mana.

Rusa terus berpikir Tak Iama kemudian, ia menemukan pohon pisang yang telah mati. Dengan sangat hati-hati, Rusa membentangkan pohon pisang itu di atas sungai.

Aha! jadilah jembatan pohon pisang. Rusa langsung melintasi jembatan tersebut. Akhirnya, Rusa bisa sampai di seberang sungai dengan selamat, dan bisa makan sepuasnya di sana.


ltulah hasil dari kesabaran Rusa. jika saja ia tak sabar seperti Kerbau dan Kelinci, mungkin ia tak akan bisa sampai di seberang dengan selamat.

Pesan MoralKawan, orang sabar itu disayang Tuhan. Orang yang sabar akan mendapatkan hasil yang sepadan.