Bersama Lebih Ringan

Suatu hari, koloni semut sedang mencari makanan untuk persiapan musim hujan. Jika musim hujan datang, mereka Iebih senang menghabiskan waktu di istana semut. Di sana mereka bisa terhindar dari air. Ya, air adalah musuh terbesar semut.


Namun, ada seekor semut yang terlihat berpisah dari koloninya. Entah apa alasannya, dia memang Iebih suka menyendiri. Tiba-tiba, hidung semut itu mencium aroma yang sangat lezat.

“Hmm, lezat sekali aroma ini. Pasti ada makanan enak di sekitar sini," ucap Semut.

Semut pun mencari asal aroma lezat itu. Olala, rupanya ada potongan roti yang cukup besar
“Aku harus membawa roti ini pulang. Pasti semut yang lain akan sangat senang,” gumam Semut.

Semut berusaha mengangkat roti itu. Tapi karena sangat berat, ia tak bisa membawanya sendirian. Sayangnya, di sana tak ada kawanan semut lainnya. Semut pun terpaksa membawanya seorang diri.

Di tengah jalan, Semut sudah tak kuat. Ia pun terjatuh. Namun, ia ingat, roti itu bisa untuk persediaan makanan saat musim hujan. Dengan susah payah, Semut kembali mengangkat roti itu.

Sekarang Semut sampai di sebuah tanjakan yang tinggi. Ia bersusah payah naik ke atas. Namun, di tengah tanjakan itu, Semut sudah kelelahan.Alhasil, ia kembali terjatuh ke bawah.

Saat itulah, koloni semut Iewat. Mereka terlihat bersedih. Rupanya, mereka belum juga menemukan makanan. Semut yang membawa roti, melihat koloni semut itu dan Iangsung memanggil mereka.

“Kawan, bisakah kalian membantuku membawa makanan ini? Nanti kita bagi rata makanan ini,” ucap Semut. Koloni Semut pun merasa senang. Mereka segera membantu Semut membawa roti ke istana.

Ajaib! Tadi Semut merasa kesulitan membawa roti itu.Tapi sekarang, roti itu terasa sangat ringan.Tentu saja, itu karena mereka semua bekerja sama.

Pesan Moral Kawan, pekerjaan seberat apapun, akan terasa ringan jika dilakukan bersama-sama. Tapi ingat kawan, bekerja sama dalam hal yang baik ya.