Kisah Seekor Anjing dan Ibu Tua di Jalan

Seekor Anjing kurus berjalan terseok-seok. Tampaknya ia sedang sakit. Dulu ia adalah anjing yang gagah perkasa. Ia sering digunakan polisi untuk melacak keberadaan pencuri. Dulunya ia sangat terkenal dan disayang banyak orang. Namun, setelah tua dan penyakitan, pemiliknya membuangnya. Pemilik anjing itu tidak mau  lagi merawat dan memberinya makan. Sumua jasanya menangkap pencuri dilupakan begitu saja.




Suatu hari, anjing itu kelaparan. Semua manusia menjauh darinya. Ia pun hanya bisa meringkuk disamping tong sampah. Tidak ada yang mau memberinya makanan.

Seorang ibu tua tiba-tiba lewat dan membuang sampah. Ia melihat si Anjing. Ia kasihan kepada anjing itu dan membawanya pulang. Ia berikan susu dan makanan, juga memandikannya hingga bersih. Ia rawat anjing itu penuh kasih sayang.

Suatu hari, segerombolan pencuri memasuki rumah ibu tua itu. Si anjing mendengar langkah pencuri itu, lalu menggonggong. Para pencuri sudah masuk ke rumah. Si anjing berusaha sekuat tenaga menghalau mereka.

Para pencuri kaget. Ibu tua terbangun mendengar gonggongan si anjing. Saat ibu tua melihat ke luar, para pencuri sudah pergi. Sang ibu tua sangat berterima kasih kepada anjing.

Nasihat :Kesetiaan dan pengorbanan adalah suatu sikap yang berharga dalam hidup. Semua perbuatan baik dan buruk pasti akan mendapat ganjaran yang setimpal.