Raja Serakah dan Akal Cerdik Dermawan Kaya


Dahulu kala, ada suatu kerajaan yang dipimpin oleh seorang raja serakah. Ia adalah raja yang kaya, namun ia tidak pernah mau membantu rakyatnya yang kesulitan. Ia justru sering membungakan uang. Ia juga menguasai semua ladang dan sawah milik rakyat. Tidak ada rakyat yang menyukainya.

Seorang dermawan kaya dari kampung sebelah mendengar cerita tentang raja yang serakah. Ia pun berpikir untuk mengelabui raja yang serakah itu. Ia berpikir bahwa ia harus menyusun rencana untuk mengambil harta sang raja, lalu membagikannya kepada rakyat. Ia pun menyusun rencana untuk si Raja.

Suatu hari, ia datang ke kerajaan dan menghadap Raja. Sebagai orang kaya, ia berpura-pura menawarkan sebuah perhiasan untuk Raja. Sebuah berlian yang sangat indah. Raja pun tertarik membelinya. Ia rela mengeluarkan uang banyak untuk membeli berlian itu. 

Kemudian, si orang kaya lalu membagikan uang yang diberikan Raja secara diam-diam kepada rakyat. Akhirnya, setiap hari si orang kaya selalu datang ke istana dan menawarkan berlian-berlian memukau.

Raja yang serakah ingin menguasai semua berlian itu. Raja pun membeli semuanya bahkan hingga uangnya habis. Setelah uangnya habis, ia berpikir untuk menjual berlian itu kembali. Namun, alangkah kagetnya Raja ketika mengetahui bahwa semua berlian yang dijual si orang kaya adalah palsu. Si Raja yang serakah akhirnya jatuh miskin dan ia tidak menjadi Raja lagi.

Nasihat :
Keserakahan akan membuatmu miskin harta dan miskin hati. Berbagi kepada sesama akan membuat hidupmu berkah.