Perdebatan Anggota Tubuh

Suatu hari, para anggota tubuh berdebat sangat serius. Dimulai dari Kaki yang mengeluh kepada Mata. 

“Mata, sungguh beruntung dirimu. Kau hanya dipakai untuk melihat, kau tidak pernah merasakan lelahnya berjalan dan penatnya berlari.”

Mendengar itu, Mata membalas, “Aku tidak seberuntung yang kamu katakan, Kaki. Aku juga selalu digunakan seharian. Mereka memaksaku untuk terus melihat komputer, menonton televisi, dan membaca buku, walau aku sudah sangat lelah. Aku juga sering sakit dan mengeluarkan air mata.”

Hidung tidak mau kalah. “Kalian tidak pernah merasakan bagaimana rasanya mencium semua aroma,kan? Mulai yang harum sampai yang bau, semua kucium. Manusia selalu menggunakanku untuk mengendus semua bau tanpa memikirkan perasaanku.”

Sang Mulut pun berbicara, “Kalian semua juga tidak pernah merasakan bagaimana capeknya aku yang selalu berbicara. Manusia juga menggunakanku untuk mengomel, marah, bahkan memaki.”

Mendengar keluh kesah dari para anggota tubuh, seorang peri datang menasihati, “Kalian telah diciptakan dengan fungsi dan kegunaan masing-masing. Tiada guna kalian mengeluh karena kalian saling melengkapi sehingga manusia menjadi makhluk yang sempurna.”

Nasihat :
Tuhan telah menciptakan semua hal dengan fungsi dan kegunaan masing-masing. Maka janganlah sering mengeluh.