Cerita Jono, Anak yang Tinggal di Hutan

Jono adalah anak yang tinggal di Hutan. Sejak kecil, ia ditinggalkan orang tuanya di hutan. Ia pun diasuh oleh sepasang monyet. Mereka mengangkat Jono sebagai anak mereka. Hingga besar, Jono berteman dengan hewan-hewan di hutan. Jono pun bisa berbicara dengan mereka.

Suatu hari, ada kumpulan pemburu memasuki hutan. Mereka membawa pistol dan senapan untuk berburu di hutan. Seekor Singa tertangkap dan ditembak oleh mereka. Para hewan segera memberitahukan kejadian yang menimpa Singa kepada Jono. Jono pun segera berlari mengejar para pemburu itu. Ia ingin menyelamatkan Singa yang tertangkap.

Jono mengadang para pemburu itu dengan beraninya. Mereka semua langsung mengarahkan senjatanya pada Jono. 


“Jangan bawa Singa! Dia temanku!” kata Jono.
“Siapa kau? Kami akan membawanya. Kami akan menjualnya di Kota!” kata salah satu pemburu.
Mendengar itu, Jono langsung marah. Ia menghajar para pemburu untuk memberi mereka pelajaran. Para pemburu menjadi ketakutan dan lari. Singa pun akhirnya lepas.

Sejak itu, para pemburu tidak pernah berani lagi berburu hewan di hutan itu. Mereka takut pada penjaga hutan Jono yang kuat.

Nasihat :Sayangilah para hewan. Hewan-hewan itu adalah makhluk ciptaan Tuhan. Sudah kewajiban kita untuk menjaga dan melestarikannya.