Burung Bangau yang Angkuh

Suatu pagi yang indah, seekor burung bangau sedang berdiri dipinggiran sungai. Ia melihat ke sungai dan melihat ikan-ikan yang berenang dipinggiran sungai. Saat itu, ia berkata dengan angkuh.  “Aku tidak ingin memakan ikan-ikan yang kecil pagi ini. Ikan yang kecil tidak pantas untukku bangau yang anggun.”

Saat ikan-ikan kecil lewat, Bangau tidak mau mengambilnya. Ia menunggu hingga ikan-ikan yang lebih besar berenang dipinggiran sungai. Hingga akhirnya, seekor ikan besar lewat.

Namun, bukannya mengambil, ia justru kembali berkata. “Aku tidak mau makan ikan sebesar itu. Itu terlalu besar untukku.”

Hingga akhirnya, Bangau menunggu lagi disana. Matahari mulai naik dan hari sudah mulai panas. Air menyurut dan para ikan berenang ke tengah sungai.

Bangau berusaha mengejar mereka, tapi ia tidak bisa berenang ke tengah sungai. Akhirnya, ia hanya bisa memakan siput-siput yang tertinggal di pinggiran sungai dan sama sekali tidak mendapatkan ikan.


Nasihat :

Kita tidak boleh terlalu memilih-milih. Janganlah menolak sesuatu yang kecil. Karena bisa jadi kamu tidak akan mendapatkan apapun selain yang kecil itu.