Dongeng Gadis Berambut Emas

Jumpa lagi bersama kami 1000dongeng. Lagi lagi kali ini kita menyuguhkan dongeng yang ga kalah menarik dari dongeng dongeng yang lain yuk saksikan ceritanya.

Di sebuah desa, hidup seorang gadis berambut sangat panjang. Rambutnya berwarna emas mengilap. Gadis itu sangat yakin, bahwa rambutnya memberikan ia kekuatan dan membuatnya menjadi gadis pemberani.

gadis berambut emas


Namun, rambut emasnya itu membuat iri para penjahat. Mereka ingin memiliki rambut emas itu pula. Semua penjahat telah berusaha memotong rambut emas milik gadis itu, tapi sia-sia saja. Mereka kalah dengan kekuatan yang dimiliki oleh gadis itu.

Suatu hari, gadis berambut emas sedang berburu di hutan. Ia bertemu dengan naga disana.
“Apa yang kau Iakukan di hutan ini?" tanya naga dengan suaranya yang menggelegar mengagetkan gadis berambut emas.

“Aha! jika aku bisa menaklukkan naga ini, pasti kehebatanku akan semakin terkenal,” pikir gadis itu.
Gadis itu pun mengibaskan rambut panjangnya untuk melawan naga. Olala, dengan satu kibasan, naga itu langsung tunduk kepadanya. Gadis itu pun merasa sangat puas, karena kehebatannya akan terkenal di seluruh penjuru negeri.

Benar saja. Kehebatan gadis itu semakin terkenal. Semua orang kagum kepadanya. Namun, di sisi lain, semakin kuatlah keinginan seorang penjahat untuk memiliki rambut itu.
“Bagaimana aku bisa mengambil rambut emas itu?” gumam penjahat itu.

Selama berhari-hari, penjahat itu mencari cara untuk memotong rambut milik gadis itu. Sampai akhirnya, ia memiliki sebuah ide.
“Aku akan menyebarkan kabar, bahwa ada binatang yang sangat kuat di hutan. Pasti gadis itu akan mencari binatang itu di hutan. Padahal, binatang itu sebenarnya tak ada. Gadis itu pasti akan bermalam di hutan sampai menemukan binatang itu. Nah, aku akan memotong rambutnya saat ia tertidur" ucap penjahat itu sambil menyeringai.

Berita bohong tentang binatang yang sangat kuat itu pun cepat menyebar Gadis berambut emas tertarik untuk mengalahkannya. la segera pergi ke hutan untuk mencari binatang itu.
Namun, sudah berkali-kali mengelilingi hutan itu, belum juga ia menemukan binatang yang dicarinya.

Hari sudah mulai malam. Tapi, gadis itu belum mau pulang sampai ia menemukan binatang kuat itu. la pun tidur di hutan. Penjahat yang sudah mengincarnya pun beraksi. Saat gadis berambut emas tidur pulas, dengan sangat mudah ia mendapatkan rambut emas itu.
Alangkah terkejutnya gadis itu ketika ia bangun. Rambutnya sudah pendek dan berwarna hitam. Gadis itu bersedih.

Tak Iama kemudian, gadis itu menjadi panik. Olala, binatang yang sangat kuat muncul di hadapannya. Gadis itu takut. Ia berpikir,  dengan hilangnya rambutnya, ia sudah tak punya kekuatan Iagi.

Tiba-tiba, binatang kuat itu menyerang. Gadis itu pun melawan ketakutannya sendiri, dan berusaha menangkis terkaman binatang kuat itu. Rupanya, gadis itu berhasil, dan bahkan binatang itu mampu ia buat bertekuk Iutut kepadanya. Gadis itu merasa senang, karena ternyata ia bisa menaklukkan binatang kuat itu, meskipun tanpa rambut emasnya.



Pesan Moral dari dongeng gadis berambut emas
Kawan, kekuatan itu berasal dari diri kita sendiri. Percaya diri saja, pasti kita bisa melakukannya.

Show Comments