Tiga Harapan Rumput

Suatu hari, para rumput liar sedang berbincang. Mereka sedang merenungi nasib mereka sebagai rumput liar. Saat itu, salah satu rumput berkata, “Aku ingin sekali menjadi pohon. Tidak akan ada yang menginjakku jika menjadi pohon.”

Lalu rumput yang lainnya lagi berkata, “Aku ingin menjadi bunga yang cantik. Karena, jika aku menjadi bunga, aku akan dirawat dan dibesarkan di kebun bunga yang cantik.”

Mendengar kata-kata tersebut, rumput yang lainnya pun berkata, “Aku ingin menjadi kaktus. Tidak ada yang bisa mencabut kaktus karena durinya banyak. Juga banyak manusia yang memeliharanya.”

Saat mereka berkhayal, segerombolan manusia menginjak mereka. Di depan mata mereka, segerombolan manusia itu menebang pohon, mencabut bunga, dan merusak kaktus disekitar taman.

Melihat hal tersebut, mereka merasa bersyukur karena menjadi rumput liar. Walaupun mereka diinjak-injak, dipangkas, ataupun ditarik-tarik, mereka tetap kuat untuk bertahan hidup.

Nasihat :

Apapun masalah dan musibah yang kita hadapi, kita harus seperti rumput liar, yang harus kuat, tegar, dan kokoh dalam mempertahankan hidup.