Kancil dan Tikus

Ada dua ekor Kancil bersaudara. Namanya Tiku dan Tuku. Walaupun bersaudara, mereka memiliki sifat yang bertolak bekakang. Tiku rajin dan Tuku pemalas. Suatu hari, Tuku lapar, namun ia malas mencari makanan. Ia memilih untuk mengambil makanan Tuku dan memakannya.

Saat pulang, Tiku melihat makanannya sudah tidak ada lagi. Ia pun bertanya kepada Tuku dimana makanannya. Namun, Tuku berbohong dengan mengatakan makanan itu dimakan oleh Tikus.
Tiku segera menemui Tikus dan bertanya dimana makanannya. Tikus yang merasa tidak bersalah tentu saja membela diri. Karena merasa sangat lapar, Tiku meminta tolong kepada Tikus untuk mencarikan makanan di Sungai.

Karena kasihan, Tikus pergi mencari makanan. Ternyata, Tuku mengikuti Tikus. Tuku ingin menjebak Tikus. Tuku membuat jebakan dipinggir Sungai. Lalu, Tuku berpura-pura tenggelam. Sayang, Tikus tidak melihat Tuku. Tuku pun jengkel dan berenang ke luar dari Sungai. Tuku lupa akan perangkap yang telah dipasangnya. Tuku terjebak dan ia masuk ke perangkap yang dibuatnya sendiri.

Nasihat :Jika ingin sesuatu, berusahalah untuk mendapatkannya tanpa merugikan orang lain.