Pertolongan Sang Tikus

Suatu hari, Harimau berjalan-jalan di hutan. Ia melihat Ular sedang membelit tikus. Lilitan tubuh Ular sangat kuat, membuat Tikus tidak bisa melepaskan diri.

Harimau yang kuat, tolonglah aku. Bantulah aku untuk lepas dari lilitan Ular,” kata si Tikus.

“Bukankah hukum alam mengatakan jika yang kuat akan menang? Ular telah berhasil menangkapmu. Dia pastinya akan memakanmu,” jawab Harimau.

“Jika mau membantuku, suatu hari nanti aku akan membantumu. Apa pun kesulitan yang kau dapatkan, aku akan membantu. Keluargaku sedang menungguku di rumah. Jika aku mati, mereka pasti akan sangat sedih,” kata si Tikus. Mendengar itu, harimau itu, Harimau merasa iba.

Harimau lalu mendekati Ular. Ia meminta Ular agar melepaskan lilitannya pada Tikus. Karena takut, Ular melepaskan lilitannya. Tikus sangat lega dan berterima kasih sebanyak-banyaknya kepada Harimau. Setelah itu, si Tikus pulan dan menceritakan kebaikan si Harimau pada keluarganya.

Suatu hari, Harimau berjalan-jalan di tengah hutan. Namun, ia sangat terkejut ketika tiba-tiba saja kakinya terjegal sesuatu. Lalu, dari atas pohon, sebuah jala jatuh tepat di atas tubuhnya. Ia terjerat dalam perangkap pemburu hewan.

Harimau mencoba melepaskan diri, namun jala itu sangat kuat. Ia lalu berteriak sekencang-kencangnya meminta pertolongan. Tikus yang kebetulan berada di dekat tempat kejadian, mendengar suara Harimau.

Dengan sigap, Tikus berlari ke arah Harimau yang terjebak. Alangkah kagetnya ia ketika melihat tubuh Harimau terikat di atas pohon. Ia langsung mendekat dan berbicara kepada Harimau. “Apa yang terjadi kepadamu?”
“Aku terjebak dalam jala ini. Aku tidak bisa lepas. Tolonglah aku,” kata Harimau.
“Tidak usah khawatir. Aku pasti akan melepaskanmu dari sana,” jawab Tikus.

Lalu, tikus berlari dengan cepat menuju rumahnya. Ia memanggil semua anggota keluarganya, juga teman-temannya. Mereka datang bergerombol ke tempat Harimau. Mereka lalu menaiki jala itu dan menggigit hingga tali-talinya lepas.

Gigi Tikus yang kuat dapat merobek dan memutuskan tali yang menjerat tubuh Harimau. Harimau pun bebas dan bisa keluar dari jebakan itu. Harimau sangat bersyukur dan mengucapkan banyak terima kasih kepada para Tikus yang membantunya.


Nasihat :

Alangkah baiknya jika kita menolong orang lain. Karena suatu saat nanti, bisa jadi orang yang pernah kita tolonglah yang akan menolongmu.